Bahaya Yang mengancam Untuk Anda Yang Sering Tidur di waktu pagi

 
 
Kita telah mengetahui bahawa waktu pagi adalah waktu yang penuh barakah dan di antara waktu yang diperintahkan untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak orang-orang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah, ternyata dipergunakaan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Orang-orang soleh terdahulu sangat membenci tidur pagi. Kita dapat melihat ini dari penuturan ketika menjelaskan masalah banyak tidur. Bahawa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah ketika selesai shalat subuh hingga matahari terbit. Kerena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai Ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang soleh. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian kerana waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rezeki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459).
 
Diantara bahaya tidur pagi itu adalah:
Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.
Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush soleh (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.
Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.
Menyebabkan malas dan tidak bersemangat.
Menghambat datangnya rezeki.
Menyebabkan datangnya berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat.

Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan, maka di malam harinya-pun ia juga akan malas-malasan. Dan sangat berbahaya baik bagi hidupnya maupun kesehatannya, bahkan keluarganya juga. Maka dari itu, ingatlah bahwa semua hal yang baik itu harus benar-benar dipastikan apakah benaran baik, karena tidur atau istirahat pada dasarnya baik, namun jika tidur sebagaimana diatas, maka tidur yang awalnya baik bisa jadi bahaya yang sangat fatal jika terlanjur dilakukan apa lagi jadi kebiasaan.